Kamis, 23 Maret 2017

BAB 3 Harga Diri


 Standar Kompetensi
3. Memiliki Harga diri sebagai individu

Kompetensi  Dasar
3.1. Mengenal pentingnya memiliki harga diri
3.2. Memberi contoh bentuk harga diri
3.3. Menempatkan perilaku yang mencerminkan harga diri

Tujuan Pembelajaran
Setelah pelajaran ini siswa dapat:
 Menjelaskan pengertian harga diri
 Menjelaskan pentingnya harga diri
 Menjelaskan bentuk-bentuk harga diri
 Menampilkan perilaku yang mencerminkan harga diri
 Meningkatkan  dmenjaga harga dirian
Alur Pembelajaran                                                                   
         
      
Harga diri sama artinya dengan kehormatan diri. Harga diri adalah sesuatu yang tak tampak oleh mata. Kita tidak bisa melihatnya seperti kita melihat benda- benda pada umumnya. Harga diri menyangkut sifat atau anggapan tentang apa yang kita rasakan tentang diri kita. Kalian tidak akan tahu rupa dan warnanya. Namun, kalian dapat merasakannya.Kalau kita merasa bahwa diri kita baik, maka harga diri kita menjadi tinggi. Sebaliknya kalau kita merasa bahwa diri kita buruk, maka harga diri kita menjadi rendah. Setiap orang mempunyai kelemahan dan kelebihan. Tidak ada manusia yang sempurna. Oleh sebab itu, kita tidak perlu merasa diri kita jelek. Namun, kita juga tidak boleh menganggap diri kita paling baik.
Untuk lebih mengenal tentang harga diri, pada pelajaran ini kamu akan diajak untuk mempelajari tentang pengertian harga diri, pentingnya harga diri, bentuk-bentuk harga diri, dan perilaku yang mencerminkan harga diri.
 Pengertian Harga Diri
Harga diri berasal dari kata harga dan diri. Harga dapat diartikan sebagai suatu nilai atau kehormatan,  Diri artinya orang seorang yang terpisah dari yang lain. Jadi harga diri dapat  diartikan sebagai nilai diri atau kehormatan diri seseorang menyangkut tentang kepribadiannya.  Harga diri tidak bisa dibeli dengan uang  karena kehormatan diri tidak dapat diganti dengan bentuk apapun.Harga diri seseorang tergantung dari kepribadian orang itu sendiri. Ada dua jenis harga diri yaitu
     1  Harga diri tinggi 
Harga diri tinggi yaitu seseorang dinilai baik,positif mampu dan berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain.Contoh perilaku  yang membuat harga diri tinggi antara lain : membantu sesama yang tertimpah musibah banjir, kebakaran, kecelakaan, rajin , berbicara sopan, ramah, tekun , berprestasi , sabar dan lain lain
          2. Harga diri Rendah 
Harga diri rendah yaitu seseorang dinilai negatif,dianggap dirinya tidak baik dan tidak berarti. Perilakunya yang membuat harga diri rendah adalah :mencuri,mengemis, korupsi, dan lain-lain.
      Sedangkan  Orang yang mempunyai kepribadian yang baik harga dirinya akan tinggi. Sebaliknya orang yang kepribadiannya buruk, harga dirinya akan rendah. Orang yang harga dirinya tinggi  akan dihormati orang lain. Orang yang harga dirinya rendah akan dilecehkan orang lain.
Dengan mengembangkan kelebihan  diri dan bakat akan menaikan harga diri. Contoh kelebihan diri yaitu : rajin belajar, sering berlatih, rajin bekerja, dan senang bergaul sedangkan bakat diantaranya , menyanyi. Bermain piano, menggambar dan lain- lain.



Lokasi: Magelang, Magelang City, Central Java, Indonesia

1 komentar:

  1. susah ya ngajarin anak kelas 3sd tentang harga diri...
    dahi mengernyit : apa itu mami?
    Mami juga bingung ....

    BalasHapus